Breaking News
Loading...
Sabtu, 22 September 2012

Info Post
Assalamu'alaikum sobat blogger.



Hari ini saya ingin sedikit menulis ulang artikel yang cukup banyak beredar. Ini mengenai virtual memory. Tentunya anda sebagai pengguna komputer sudah sangat mengenal bagian-bagian komputer. Salah satu diantaranya adalah RAM (Random Access Memory). RAM ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan awal proses data sebelum dieksekusi. Misalkan saat menggunakan komputer kita membuka beberapa aplikasi sekaligus, pertama kita buka web browser, lalu membuka pemutar musik. lalu membuka file archiver, dll. Nah pada saat itu semua proses akan ditampung pada RAM, sebelum prosesor mulai mengerjakannya semua perintah tersebut. Maka sudah jelas bukan masalah apa yang biasanya terjadi pada RAM.

Masalah yang paling umum dari RAM adalah hang atau crash, Ini dikarenakan RAM mengalami kelebihan beban. Seperti yang kita ketahui RAM memiliki beberapa kapasitas. 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dll. Nah berdasarkan kapasitas ini tentu saja kita dapat mengukur dan membandingkan. Apabila kita membukan banyak aplikasi sedangkan RAM yang kita miliki berkapasitas kecil, sudah barang tentu komputer kita menjadi lambat, atau bahkan hang.

Lalu bagaimana cara kita menanggapinya. Mudah saja, jika anda pengguna "Windows 7" kita sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan salah satu fitur dari Windows 7 kita akan mampu membuat virtual RAM. Caranya adalah dengan fitur ReadyBoost yang sengaja disediakan oleh Windows 7.

Contoh Kasus :
" Spesifikasi komputer saya adalah Prosesor Intel Dual Core, RAM 1GB, Harddrive master/primer 40GB, Harddrive slave/secondary 80GB, OS Windows 7 Ultimate 64 bit. "

Sudah pasti komputer saya itu lambat karena resource yang minim. Nah dengan ReadyBoost saya dapat meningkatkan kinerja komputer saya. Caranya, saya menggunakan flashdisk berkapasitas 4GB.

Saya jelaskan secara STEP by STEP.

  • Saya masukan flashdisk tersebut ke port USB yang tersedia (jangan ditempat yang mudah terganggu).
  • Saya ganti nama drive flashdisk tersebut dengan nama "RAM Drive" itu untuk memudahkan kita mengenali perangkat yang akan dijadikan Virtual RAM.
  • Pilih drive tempat di mana flashdisk itu terdeteksi. Katakanlah ada di drive I:
  • Klik kanan drive tersebut, lalu pilih properties. 
  • Pilih tab READYBOOST yang susdah tersedia.
  • Kemudian pilih Use this device, dan dibawahnya atur berapa besar anda ingin memakai kapasitas flashdisk tersebut. Lihat gambar disamping.
  • setelah itu klik apply, dan OK.
 Nah itulah cara membuat flashdisk anda menjadi Virtual RAM. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

Kotak Komentar disediakan untuk Anda, mohon menggunakan bahasa yang sopan. Dan tidak mengandung unsur SARA.